Surat Al Baqarah

Al Baqarah yang berarti Sapi Betina, merupakan surat kedua di Alquran terdiri dari 286 ayat dan tergolong Madaniyah atau turun di Madinah. Al Baqarah pun menjadi surah terpanjang dibanding surah-surah lainnya. Selain itu, makna dan keistiwaannya sangat luar biasa.. Membaca surah Al-Baqarah akan memberikan manfaat bagi pembacanya, baik di dunia atau di akhirat. Maka itu, sudah sepatutnya seorang muslim rutin membaca surah Al-Baqarah. 
Perintah untuk membaca surah Al-Baqarah bahkan telah ditegaskan dalam hadis yang diriwayatkan oleh Muslim, Rasulullah saw. bersabda: ” Al-Baqarah (sapi betina) adalah surah kedua dari 114 surah yang ada dalam Al-Qur'an. Al-Baqarah merupakan surat paling panjang dalam Al-Qur'an. Surah ini termasuk ke dalam golongan surah Madaniyyah, atau surah yang turun di Kota Madinah. Al-Baqarah mencakup kurang lebih hingga 2-5 juz. Al-Baqarah dalam Al-Qur'an memiliki total ayat berjumlah 286 ayat.
Artinya: “Sesungguhnya Allah telah menulis kitab seribu tahun sebelum menciptakan langit dan bumi. Dari kitab itu, Allah menurunkan dua ayat dan dipakai untuk mengakhiri surat al-Baqarah. Maka tidaklah dua ayat itu dibaca di suatu rumah selama tiga malam, kemudian setan mendekati rumah tersebut,” (HR. Ahmad).
Surat ini membicarakan aqidah, amal saleh, shalat, infaq/zakat sebagai jaminan sosial, ciri orang beriman, orang kafir, dan orang munafiq, awal mula penciptaan manusia, kemuliaan anak manusia melalui sujud malaikat, masalah ghaib, cerita nabi Musa, Firaun, Bani Israil, sapi, pembunuhan para nabi, pengingkaran janji, kelenturan syariat Islam dalam situasi darurat, shalat, puasa, haji, sanksi kejahatan pembunuhan, muamalah atas harta anak yatim, larangan riba, larangan judi, larangan minum khamar, larangan memakan harta orang lain dengan batil, aturan nikah, talak, iddah, pengharaman sihir, larangan pembunuhan atas nyawa manusia, larangan berhubungan badan saat istri haid, dan larangan hubungan badan dari dubur perempuan.




Share:

No comments:

Post a Comment

Footer Link

Pengumuman

  1. Tamu yang menginap 1x24 jam harus lapor RT.
  2. Dilarang Parkir Mobil di Jalan Perumahan
  3. Segala Jenis Truk dilarang Memasuki Jalan Perumahan

info ronda

Pelaksanaan Ronda lingkungan dimulai pukul 22.00 WIB s.d. Menyesuaikan Kondisi

Recent Posts

POSTINGAN TERBARU

Recent Posts Widget