Tadabbur Alam TPQ Al Mu'minun Perumahan Gayam Permai


Ada banyak cara yang bisa dilakukan untuk menambah kedekatan dengan Allah SWT, salah satunya melalui kegiatan tadabbur alam. Bagi masyarakat Islam, kegiatan ini dikenal juga dengan istilah tafakur alam. Konsep tadabbur alam yang mencerminkan keyakinan bahwa alam semesta adalah karya Agung Ciptaan Allah SWT yang penuh keindahan. Dimana di alam, terdapat pelajaran dan hikmah yang dapat kita petik sebagai manusia yang berakal. 
TPQ Al Mu'minun berusaha untuk melakukan hal tersebut melalui kegiatan Tadabbur Alam  yang dilaksanakan pada Minggu, 6 Agustus 2023 di Taman Wisata Purbasari Padamara Purbalingga. dan sebagai salah satu upaya mengenalkan cinta pada Al Qur'an. Kegiatan diikuti oleh anak anak TPQ yang berjumlah 20 anak dengan 3 orang pembimbing dari Masjid Al Mu'minun Perumahan Gayam Permai.
Mereka berbaur dialam, diberi kesempatan untuk berenang dan outbond. Outbond dengan permainan berkelompok yang memacu kreatifitas, percaya diri dan kemampuan mengutarakan pendapat. Terlihat anak anak sangat antusias. Semoga kepedulian mereka terhadap kelestarian alam dan berbagi tempat dengan makhluk ciptaan Tuhan Yang lain dapat terwujud. sehingga kelak mereka dapat menjaga alam serta melestarikannya dengan baik. 
Beberapa mentor training Motivasi seperti Ustadz H. Susianto,SKM, Ustadz H. Yusman, SHI, Ustadz Dwi Budi Prasojo dan Ustadzah Nunung Dwi Budi P.
Tadabur Alam yang digelar untuk mengenalkan langsung tentang pentingnya mempelajari Al Quran yang punya kaitan erat dengan Alam. Juga bagian dari inovasi pembelajaran atau pengenalan yang tidak membuat bosan dan jenuh anak-anak. Ini sangat perlu dilakukan karena penting menanamkan kemampuan memahami kitab suci Al Quran kepada generasi sejak dini. 
Belajar mengaji harus dimulai oleh anak sejak usia dini, karena di usia dini daya tangkap dan serap yang dimiliki oleh anak masih bagus dan bersih. Sehingga sejak usia dini anak-anak perlu diperkenalkan dengan kitab suci Al quran yang mana dengan cara mulai membiasakan anak-anak membaca buku iqro sebagai mana pengenalan awal terhadap huruf-huruf hijaiyah. 
Sebuah aktivitas yang harus dilakukan dalam pengenalan huruf hijaiyah dengan kegiatan Tadabur alam yang masuk dalam kurikulum TPQ. Iini dikarenakan tadabur alam merupakan aktivitas belajar dalam rangka mengenali segala sesuatu yang ada di langit dan bumi, sekaligus untuk mengenali dan mencintai Allah SWT lebih jauh. 
Dalam kegiatan itu, anak anak diajak untuk merefleksikan sejauh mana kecintaan terhadap qur’an yang dibuktikan dengan hafalan surah pendek, doa harian yang dijadikan sebagai lingkaran dalam beraktkvitas sehari hari.



Share:

No comments:

Post a Comment

Footer Link

Pengumuman

  1. Tamu yang menginap 1x24 jam harus lapor RT.
  2. Dilarang Parkir Mobil di Jalan Perumahan
  3. Segala Jenis Truk dilarang Memasuki Jalan Perumahan

info ronda

Pelaksanaan Ronda lingkungan dimulai pukul 22.00 WIB s.d. Menyesuaikan Kondisi

Recent Posts

POSTINGAN TERBARU

Recent Posts Widget