Kerja Bhakti Warga, Aktivitas Kebersamaan

Momen yang ditunggu-tunggu saat kerja bhakti; "medang"

Gayam Permai 05/2/2023. Salah satu kegiatan rutin yang diselenggarakan oleh Rt 06 Rw 05 Kelurahan Kutabanjarnegara Kec/Kab. Banjarnegera (Perumahan Gayam Permai) adalah Kerja Bhakti. Kegiatan rutin ini selalu didukun oleh warga terbukti keikutsetaan cukup banyak, kecuali warga yang sedang dalam kepetingan. Keberadaan kegiatan ini akan terus dilakukan untuk menjaga kekompakan dan lainnya.
Konsep gotong royonglah yang menyatukan masyarakat indonesia bisa meraih kemerdekaan dari para penjajah. Nilai-nilai gotong royonglah yang mampu membangkitkan semangat masyarakat untuk tetap berjuang dan menjadikanya sebagai pemersatu dan pemicu semangat di kalangan masyarakat. Seiring dengan perkembangan modernisasi dan globalisasi yang semakin pesat juga memberikan dampak kepada masyarakat terhadap eksistensi nilai-nilai leluhur yang selama ini dijadikan sebagai penyaring kebudayaan dari luar. Teknologi yang semakin canggih membuat nilai-nilai kebudayaan dan sosial mulai luntur atau sudah jarang ditemukan, salah satunya budaya tersebut yaitu kegotong royongan. 
Adanya teknologi yang semakin canggih memberikan kemudahan masyarakat dalam membantu dan menyelesaikan setiap pekerjaannya. Selain itu perkembangan teknologi ini juga mengakibatkan banyak perubahan pada pola kehidupan masyarakat, yang dulunya merupakan desa namun karena adanya tuntutan dari pihak luar mengakibatkan terjadi perubahan yang sangat dinamis sehingga menjadi perkotaan. Masyarakat perkotaan juga telah terjadi perubahan yang drastis, misalnya saja gotong royong hampir punah dalam setiap kegiatan yang dilaksanakan.

dengan keakraban serta antusiasme warga untuk melakukan kegiatan gotong royong khususnya di lingkungan masyarakat sekitarnya. Gotong royong memiliki nilai-nilai positif yaitu: 
  1. Kebersamaan. Gotong royong mencerminkan kebersamaan karena dengan gotong royong, masyarakat mau bekerja secara bersama-sama untuk membantu orang lain atau untuk membangun fasilitas yang dimanfaatkan bersama.
  2. Persatuan. Kebersamaan yang terjalin dalam gotong royong sekaligus melahirkan persatuan antar anggota masyarakat. Dengan persatuan yang ada, masyarakat menjadi lebih kuat dan mampu menghadapi permasalahan yang muncul. 
  3. Rela berkorban .Gotong royong mengajari sikap rela berkorban. Pengorbanan tersebut dapat berbentuk apapun, mulai dari berkorban waktu, tenaga, pikiran, hingga uang. Dengan gotong royong masyarakat rela mengesampingkan kepentingan pribadinya untuk memenuhi kebutuhan bersama. 
  4. Tolong menolong. Gotong royong mengajarkan warga masyarakat saling bahu-membahu untuk menolong satu sama lain. Sekecil apapun peran seseorang dalam gotong royong, selalu dapat memberikan pertolongan dan manfaat untuk orang lain. 
  5. Sosialisasi. Pada saat ini kehidupan masyarakat cenderung lebih mementingkan diri sendiri. Gotong royong dapat mengubah warga masyarakat kembali sadar jika dirinya adalah makhluk sosial.
Gotong royong membuat masyarakat saling mengenal satu sama lain sehingga proses sosialisasi dapat terus terjaga keberlangsungannya. Selain itu budaya gotong royong juga memiliki manfaat bagi kehidupan masyarakat sekitar antara lain adalah: 
1. Meringankan beban pekerjaan yang harus ditanggung. 
2. Menumbuhkan sikap sukarela, tolong-menolong, kebersamaan, dan kekeluargaan antar sesama anggota masyarakat 
3. Menjalin dan membina hubungan yang baik antar warga masyarakat 
4. Meningkatkan rasa persatuan dan kesatuan nasional 

Gotong royong di era kemajuan zaman ini sudah sangat langka ditemukan. Sifat keramahan dan kegotongroyongan yang sudah menjadi ciri khas dan budaya negara kita sejak nenek moyang yang harus kita lestarikan.
Jangan sampai dengan adanya kemajuan teknologi membuat luntur kebudayaan gotong royong ini. Maka dari itu kita sebagai generasi muda harus mampu membangun dan mempertahankan semangat kebudayaan gotong royong itu kembali, jangan sampai budaya itu tergerus oleh sifat individualisme yang tinggi, karena kita adalah satu bangsa yang harus dijaga keutuhanya.

Share:

No comments:

Post a Comment

Footer Link

Pengumuman

  1. Tamu yang menginap 1x24 jam harus lapor RT.
  2. Dilarang Parkir Mobil di Jalan Perumahan
  3. Segala Jenis Truk dilarang Memasuki Jalan Perumahan

info ronda

Pelaksanaan Ronda lingkungan dimulai pukul 22.00 WIB s.d. Menyesuaikan Kondisi

Recent Posts

POSTINGAN TERBARU

Recent Posts Widget