Istiqomah

 Ikhlas

Dalam beristiqomah terdapat dua komponen yang harus dijalani, yaitu totalitas dan sabar. Totalitas dalam artian kita mengerahkan segala usaha yang kita mampu dan melakukan segala ketentuan Allah di segala kondisi dengan utuh. Dan Sabar dalam artian sabar terhadap perintah, larangan, dan musibah. 
Ikhlas
Doa

Ada tiga bentuk dalam beristiqomah: Istiqomah dalam niat Artinya kita mengetahui dan sadar tentang apa yang kita pikirkan saat ini baik atau buruk, salah atau benar, serta harus dipertahankan atau tidak. Istiqomah dalam lisan Saat berbicara kita selalu waspada tentang apa yang akan dikeluarkan. 
Senantiasa berzikir, dan tidak menyebarkan hal-hal yang buruk, baik itu kebohongan ataupun melebih-lebihkan sesuatu. Kita harus bisa bertanggung jawab tentang apa yang kita ucapkan. 
Istiqomah dalam perbuatan Merujuk ke perbuatan dalam hal-hal fiqih, seperti sholat tahajjud, sholat dhuha, dan sholat rawatib. Dalam melaksanakan Istiqomah, ada beberapa tips yang dapat diterapkan, salah satunya: Mengikuti kajian keislaman, agar kita selalu dikelilingi oleh ilmu keislaman Mengikuti akun-akun yang berfaedah di sosial media Menentukan target amalan. Hal ini akan mempermudah kita menentukan arah dan konsisten dalam beristiqomah Berkumpul dengan orang sholeh Mengajak orang-orang terdekat Hal yang dapat disimpulkan dalam istiqomah adalah yang terpenting bukan lah sampai atau tidaknya, tapi prosesnya yang konsisten kita jalankan.




Share:

No comments:

Post a Comment

Footer Link

Pengumuman

  1. Tamu yang menginap 1x24 jam harus lapor RT.
  2. Dilarang Parkir Mobil di Jalan Perumahan
  3. Segala Jenis Truk dilarang Memasuki Jalan Perumahan

info ronda

Pelaksanaan Ronda lingkungan dimulai pukul 22.00 WIB s.d. Menyesuaikan Kondisi

Recent Posts

POSTINGAN TERBARU

Recent Posts Widget