-->

Dapatkan artikel terbaru dari kami dengan memasukkan email pada form yang tersedia di bawah ini

Setelah Anda memasukkan email diatas, maka secara otomatis Anda akan menerima postingan baru dari kami

Pendamping Setia Yang Menemani Di Kubur

Pengajian Subuh 18 Ramadhan 1443H (18 April 2022)

Nabi menanyakan kepada sahabat mengenai saudara mana yang akan mereka pilih. Maka para sahabat menjawab, “Ya Rasulullah, jelas saudara yang terakhir itulah yang kami pilih, yang pertama dan kedua kurang bermanfaat.” (Muntakhab, Kanz). 
Ketika jenazah dibawa ke pemakaman semua kerabat mengikuti dan mengiringi. Akan Tetapi setelah jenazah dimakamkan tentu mereka akan meninggalkannya

Pertanyaan di atas terjawab oleh sebuah Hadis yang diriwayatkan dari sahabat Anas, yang berbunyi:

 ﻋﻦ ﺃﻧﺲ ﺭﺿﻲ اﻟﻠﻪ ﻋﻨﻪ ﻋﻦ ﺭﺳﻮﻝ اﻟﻠﻪ ﺻﻠﻰ اﻟﻠﻪ ﻋﻠﻴﻪ ﻭﺳﻠﻢ ﻗﺎﻝ: “ﻳﺘﺒﻊ اﻟﻤﻴﺖ ﺛﻼﺛﺔ: ﺃﻫﻠﻪ ﻭﻣﺎﻟﻪ ﻭﻋﻤﻠﻪ، ﻓﻴﺮﺟﻊ اﺛﻨﺎﻥ ﻭﻳﺒﻘﻰ ﻭاﺣﺪ: ﻳﺮﺟﻊ ﺃﻫﻠﻪ ﻭﻣﺎﻟﻪ، ﻭﻳﺒﻘﻰ ﻋﻤﻠﻪ” ﻣﺘﻔﻖ ﻋﻠﻴﻪ 

 Artinya: “Diriwayatkan dari Sahabat Anas, Nabi bersabda bahwa ada tiga hal yang akan mengikuti mayat, yaitu: keluarga, harta, dan amalan, yang dua hal akan meninggalkannya, sedangkan yang satu akan menemaninya.”(HR. Bukhari-Muslim) 

Dalam kitab Bahjat An-Nadhirin Syarah Riyadus Shalihin karya Salim bin Id Al Hilali dijelaskan amalan yang selalu menemani manusia di dalam kubur adalah amal saleh, bukan harta maupun keluarganya. Jadi yang setia menemani kita dialam kubur adalah amal sholeh kita.
Dari penjelasan di atas ternyata harta yang ia kumpulkan siang malam tak akan bisa membantunya, malah bisa menyusahkannya begitu juga keluarga yang ia sayangi akan meninggalkannya, beruntung bila keluarganya ada yang mau mendoakannya, karena akan merasakan kenikmatan di sana, sebaliknya bila keluarganya tak mendoakan, tak ingat kepadanya, dengan tidak menjalankan wasiatnya, maka akan menjadi penyesalan yang mendalam di alam kuburnya. 
Mumpung masih ada kesempatan dan kesehatan, pergunakan sisa waktu ini dengan berbuat kebaikan kepada Allah, dan makhluk-Nya, supaya menjadi manusia yang yang sempurna amal perbuatannya.

 







Disqus Comments
Tema Kebekerjaan

Tujuan tema Keberkerjaan, tujuan umum adalah agar peserta didik mampu memahami ruang lingkup dan karakteristik dunia kerja sesuai dengan program keahliannya.

Gaya Hidup Berkelanjutan

Membangun kesadaran untuk menjaga pola hidup yang baik (disiplin, tanggungjawab, motivasi,loyalitas, integritas, hidup sehat/bersih dsb) pola hidup tersebut melibatkan lingkungan dan aksi nyata dalam keseharian (kemdikbudristek)

Flexible System

Styles and UI elements fit for any kind of a web related project

Mobile Friendly

Make your slide looks great on all screens, tablets and phones

Copyright © 2017 Perumahan Gayam Permai Banjarnegara