Nur Muhammad

Kajian Rutin Ahad Pagi, 29 Januari 2023

Kajian rutin Ahad Pagi, 29 Januari 2023 Mushola Al Mu'minun Perumahan Gayam Permai Banjarnegara bertema Sholawat Atas Nabi Muhammad SAW bersama Ustadz Adam Huda Haqiqi,LC.
Dalam ilmu tasawuf, Nur Muhammad mempunyai pembahasan mendalam. Nur Muhammad disebut juga hakikat Muhammad. Sering dihubungkan pula dengan beberapa istilah seperti al-qalam al-a’la (pena tertinggi), al-aql al-awwal (akal utama), amr Allah (urusan Allah), al-ruh, al-malak, al-ruh al-Ilahi, dan al-ruh al-Quddus.
Seluruh makhluk berasal dan melalui dirinya. Itulah sebabnya Nur Muhammad pun disebut al-haq al-makhluq bih atau al-syajarah al-baidha' karena seluruh makhluk memancar darinya. Nur Muhammad tidak persis identik dengan pribadi Nabi Muhammad SAW. Nur Muhammad sesungguhnya bukanlah persona manusia yang lebih dikenal sebagai nabi dan rasul terakhir.
Namun tak bisa dipisahkan dengan Nabi Muhammad sebagai person, karena representasi Nur Muhammad dan atau insan kamil adalah pribadi Muhammad yang penuh pesona. Manusia sesungguhnya adalah representasi insan kamil. Oleh karena itu, dalam artikel terdahulu, manusia dikenal sebagai makhluk mikrokosmos.

" Dan tidak Kami utus seorang Rasul kepadamu kecuali menjadi rahmat seluruh alam semesta ". Inilah dasar mengapa Nabi Muhammad SAW diutus oleh Allah SWT sebagai seorang Rasul di bumi ini. Tujuannya adalah untuk menjadi penerang dan pemberi rahmat serta keselamatan bagi ummat manusia di bumi ini.

إِنَّ اللَّهَ وَمَلَائِكَتَهُ يُصَلُّونَ عَلَى النَّبِيِّ ۚ يَا أَيُّهَا الَّذِينَ آمَنُوا صَلُّوا عَلَيْهِ وَسَلِّمُوا تَسْلِيمًا 
“Innallaha wa malaikatahu yushalluna alannabiyyi yaa ayyuhalladzina aamanu shallu alaihi wa sallimu taslima.”

Sesungguhnya Allah dan para malaikat-Nya bershalawat untuk Nabi. Wahai orang-orang yang beriman, bershalawatlah kamu untuk Nabi dan ucapkanlah salam dengan penuh penghormatan kepadanya.(QS Al Ahzab :56)

Bacaan Sholawat Kepada Nabi Muhammad.
1. Pada Sholat
2. Pada saat tidak Sholat
3. Permulaan dan akhir doa
4. Pada saat sedang Majelis
5. Ziarah ke Makam Nabi Muhammad SAW
6. Setelah Adzan dan iqomah

Bacaan selawat Nabi Muhammad SAW 
yang paling umum adalah sebagai berikut: 

 اَللَّهُمَّ صَلِّ عَلٰى مُحَمَّدٍ وَعَلٰى آلِ مُحَمَّدٍ 
 Allahumma shalli ‘alaa Muhammad wa’alaa aali Muhammad. 

 Artinya: "Ya Allah, berikanlah rahmat-Mu kepada junjungan kami Nabi Muhammad dan keluarga Nabi Muhammad.” 
Terdapat beberapa jenis sholawat yang ditujukan kepada nabi Muhammad SAW, mulai dari sholawat Fatih, Nariyah, Matsurah, Mukafaah, Ibrahimiyah, Nur Al-Anwar, Thibbil Qulub, dan Munjiyat. 

Sholawat merupakan sebuah kata dari bentuk jamak yang berasal dari kata sholat yang miliki arti doa. Hal ini dilandasi ketika kita membaca sholawat kepada Nabi Muhammad SAW, maka berarti kita juga sama saja dengan memohon atau berdoa kepada Allah SWT untuk Nabi Muhammad SAW. 
Tujuan kita membaca sholawat yaitu agar di akhirat nanti kita akan mendapatkan syafaat Nabi Muhammad SAW. Hukum untuk bersholawat telah secara jelas diterangkan dalam Al Quran. Bahkan, sebetulnya tak hanya manusia saja, Allah SWT serta para malaikat juga ikut bersholawat, yang dapat dijelaskan dengan ayat di atas. 

Keutamaan Membaca Sholawat Nabi 
  1. Sesuai dengan firman Allah SWT dalam Quran surat Al Ahzab ayat 56 bahwa sholawat adalah doa yang ditujukan kepada Rasulullah SAW sebagai bukti cinta dan hormat kepadanya. Artinya, seorang muslim menaati perintah Allah SWT. 
  2. Keselarasan Allah SWT dalam bersholawat atas Rasulullah. Meskipun sholawatnya berbeda, sholawat kita atas-Nya bermuatan doa dan permohonan. Sedangkan sholawat Allah SWT atasnya bermuatan pujian dan pengagungan. 
  3. Seorang muslim yang mengamalkan sholawat akan mendapatkan sholawat dari Allah SWT. Hal tersebut sesuai hadist riwayat Muslim, Rasulullah SAW bersabda, "Orang bersholawat kepadaku satu kali, Allah akan bersholawat kepadanya sepuluh kali." 
  4. Keutamaan membaca sholawat nabi yang keempat yaitu, seorang muslim akan diangkat 10 derajat oleh Allah SWT. Sesuai hadist Rasulullah SAW yang berbunyi "Barangsiapa bersholawat satu kali, Allah akan memberi sepuluh rahmat sama dengan sepuluh derajat baginya." 
  5. Bagi seorang muslim yang bersholawat, Allah SWT akan memberikan 10 rahmat apabila bersholawat satu kali. Kemudian, Allah juga akan menghapuskan keburukan sebanyak 10 dari sang pembaca. 
  6. Keutamaan membaca sholawat nabi yang lain yaitu bisa menjadi penghantar agar doa diijabah oleh Allah SWT. Mengawali doa dengan sholawat diharapkan akan diijabah karena sholawat yang akan mengantarkan doanya di sisi Allah SWT. 
  7. Membaca sholawat nabi menjadikan kifarat atau ampunan dosa. Karena dengan bersholawat, sepuluh keburukan akan dihapuskan. 
  8. Seorang muslim yang rajin mengamalkan sholawat nabi bisa mendekatkan umat Islam kepada Rasulullah di hari Kiamat kelak. Ini karena pembaca sholawat kelak akan mendapatkan syafaat dari Rasulullah di akhirat. 
  9. Sholawat nabi yang dibaca dengan ikhlas karena Allah SWT akan menjadikan seorang muslim dipenuhi hajat-hajatnya. Sebab, membaca sholawat dapat mencukupkan apa yang diinginkan manusia.
  10. Dengan bersholawat nabi merupakan bentuk sedekah bagi orang yang tidak mampu bersedekah. 
  11. Keutamaan sholawat yang terakhir yaitu sebagai pengingat apa yang menjadi lupa. Sholawat ibarat salat yang berarti mengingat terus menerus kepada Allah SWT. 
Share:

No comments:

Post a Comment

Pengumuman

  1. Tamu yang menginap 1x24 jam harus lapor RT.
  2. Dilarang Parkir Mobil di Jalan Perumahan
  3. Segala Jenis Truk dilarang Memasuki Jalan Perumahan

info ronda

Pelaksanaan Ronda lingkungan dimulai pukul 22.00 WIB s.d. Menyesuaikan Kondisi

Recent Posts

POSTINGAN TERBARU

Recent Posts Widget