Menyambut Ramadhan 1444H


Puasa Ramadhan 1444H akan berlangsung selama 30 hari penuh, sehingga para umat muslim membutuhkan persiapan fisik dan mental yang baik. Jika secara fisik kita membutuhkan tubuh dalam keadaan sehat dan kuat, untuk secara mental kita akan membutuhkan hati yang tulus dan ikhlas. Selain itu, ada beberapa hal lainnya lagi yang harus dipersiapkan oleh seluruh umat muslim untuk menyambut datangnya bulan Ramadhan. Yang paling utama adalah bekal Taqwa. Tetapi ada beberapa hal yang perlu diperhatikan : 

1. Mempersiapkan Iman dalam Diri 
Masing-Masing Persiapan puasa Ramadhan yang paling dasar adalah memperkuat iman yang ada dalam diri masing-masing umat muslim. Mulai dari melatih pengendalian kebiasaan-kebiasaan buruk dalam keseharian, memperbanyak ibadah, dan hal-hal seperti ini lainnya bisa membuat iman menjadi lebih kuat. Ketika bulan Ramadhan sudah dekat, umat muslim harus memastikan bahwa ibadah wajibnya sudah dilakukan dengan benar, contohnya shalat lima waktu. Selain itu, mulai biasakan diri juga untuk berhenti merokok. Sebab, merokok termasuk salah satu kebiasaan buruk yang harus dihindari selama berpuasa. Maka dari itu, orang-orang yang terbiasa merokok dalam kesehariannya, harus mulai menghentikan kebiasaannya tersebut untuk menyambut bulan penuh berkah ini. 

2. Memperdalam Ilmu dan Pengetahuan tentang Agama 
Persiapan menyambut Ramadhan yang kedua adalah dengan memperdalam ilmu dan pengetahuan yang berkaitan tentang agama Islam. Mulailah untuk mempelajari beberapa hal yang boleh dilakukan dan tidak boleh dilakukan selama berpuasa. Tidak hanya itu, umat muslim juga bisa mempelajari tentang tata cara ibadah yang baik dan benar sesuai dengan syariat Islam. Kegiatan ini boleh dilakukan sebelum memasuki bulan Ramadhan, sehingga selama berpuasa nanti kita bisa beribadah secara lebih optimal dan afdal. 

3. Mempersiapkan Kebutuhan Sehari-hari selama Bulan Ramadhan 
Sebelum menunaikan ibadah puasa dari terbitnya fajar hingga terbenamnya matahari, umat muslim dianjurkan untuk sahur terlebih dahulu. Sahur dapat membuat tubuh seseorang lebih merasa kuat untuk menahan rasa lapar dan haus selama berpuasa. Maka dari itu, salah satu persiapan yang harus dilakukan sebelum bulan Ramadhan tiba adalah mempersiapkan kebutuhan sehari-hari selama berpuasa. Bahkan, orang-orang juga perlu mempersiapkan perlengkapan ibadah yang dapat digunakan selama bulan Ramadhan. Sementara untuk kebutuhan sahur sendiri dapat meliputi sembako, bumbu masak, makanan ringan, dan makanan manis seperti kurma. Dengan begitu, kegiatan sahur nanti dapat berjalan secara lebih lancar dan mudah. 

4. Mempersiapkan Mental secara Lebih Baik 
Tidak hanya fisik yang harus disiapkan untuk menyambut datangnya bulan Ramadhan, tapi mental dalam diri masing-masing individu juga harus disiapkan dengan sebaik mungkin. Sebab, alangkah baiknya jika kita menyambut bulan Ramadhan dengan hati yang tulus dan jiwa yang bersih. Untuk mendapatkan hati yang lebih tenang, seseorang bisa mulai mendekatkan diri kepada Allah SWT dengan memperbanyak ibadah. Dengan memperbanyak ibadah seperti ini, hati dapat menjadi lebih tenang dan puasa dapat ditunaikan secara lebih mudah serta menyenangkan. 

5. Membiasakan Diri untuk Berbuat Baik 
Pada dasarnya, bulan Ramadhan adalah bulan di mana pahala dan berkah dalam diri setiap umat muslim dilipatgandakan. Jadi, mereka dianjurkan untuk melakukan berbagai kebaikan selama bulan Ramadhan. Namun, tidak semua orang terbiasa dengan kegiatan-kegiatan penuh kebaikan ini. Maka dari itu, mereka harus mulai membiasakan diri untuk melakukan kegiatan tersebut jauh sebelum bulan Ramadhan tiba. Beberapa kegiatan positif yang dapat mendatangkan berkah selama bulan Ramadhan adalah bersedekah, mengunjungi panti asuhan, dan kegiatan-kegiatan seperti ini lainnya. 

6. Membayar Utang Puasa Tahun Lalu 
Membayar utang puasa tahun lalu adalah persiapan menyambut Ramadhan bagi muslimah, karena wanita diberi keringanan untuk tidak berpuasa dulu ketika masa haidnya tiba. Pasalnya, salah satu syarat puasa Ramadhan adalah suci dari haid ataupun masa nifas. Puasa yang ditinggalkan sebelumnya dapat dibayar dengan melakukan qadha puasa. Selain wanita yang sedang haid, ada beberapa kategori lainnya juga yang diperbolehkan untuk meninggalkan puasa, yaitu orang tua renta, orang yang sedang sakit parah, ibu hamil, dan ibu menyusui. Nantinya, mereka yang meninggalkan puasa Ramadhan dan tidak mampu untuk melakukan qadha dapat membayar utang puasanya tersebut dengan mengeluarkan fidyah. 

7. Mulai Melatih Diri untuk Menahan Hawa Nafsu 
Puasa adalah ibadah dalam agama Islam yang dilakukan dengan cara menahan hawa nafsu sejak mulai terbitnya fajar hingga matahari terbenam. Selama berpuasa, umat muslim tidak diperbolehkan untuk makan, minum, merokok, maupun berhubungan seksual dengan pasangan. Namun, ada beberapa umat muslim yang merasa kesulitan untuk menahan hawa nafsunya selama berpuasa. Untuk mengatasi hal tersebut, orang-orang bisa mulai melatih dirinya untuk menahan hawa nafsu sejak sebelum bulan Ramadhan tiba. 

8. Membuat Rencana Menu Sahur yang Penuh Nutrisi 
Sahur yang begitu-begitu saja pasti akan membuat seseorang lebih mudah merasa bosan. Maka dari itu, salah satu persiapan menyambut Ramadhan adalah membuat rencana menu sahur yang penuh nutrisi, sehingga nutrisi dalam tubuh tetap bisa terpenuhi dengan baik. Pastikan makanan sahur yang akan dikonsumsi ini sudah memenuhi kriteria 4 sehat 5 sempurna, sehingga tubuh tidak akan merasa lemas selama berpuasa. Selain itu, siapkan juga makanan manis selama sahur, agar kadar gula dalam tubuh tidak menurun secara drastis. 

9. Memperbanyak Minum Air Putih dan Berolahraga Agar fisik kita mampu untuk berpuasa selama bulan Ramadhan, perbanyak minum air putih dan berolahraga secara teratur. Selain itu, mulailah membiasakan diri untuk meminum vitamin secara rutin juga. Sebab, tubuh akan membutuhkan nutrisi yang lebih banyak selama berpuasa. Hal ini terjadi bukan tanpa alasan mengingat selama berpuasa kita tidak diperbolehkan untuk makan sehari 3 kali dan minum air putih di setiap jamnya. 

10. Melakukan Silaturahmi ke Orang-Orang Terdekat 
Untuk menyambut bulan Ramadhan dengan hati yang tulus dan jiwa yang bersih, para umat muslim bisa bersilaturahmi ke orang-orang terdekatnya. Dengan begitu, rasa kesal, marah, dan sedih yang selama ini mereka rasakan terhadap orang tersebut bisa langsung hilang seketika. Pada dasarnya, bulan Ramadhan harus disambut dengan hati yang terbebas dari rasa iri, dengki, dan dendam, sehingga kegiatan silaturahmi ini dapat membuat umat muslim memiliki jiwa yang lebih bersih untuk menyambut datangnya bulan penuh keberkahan. Beberapa persiapan menyambut Ramadhan ini bisa dilakukan oleh seluruh umat muslim bersama dengan keluarganya. Bagi orang tua yang memiliki anak masih kecil bisa mulai mengajarkan kepada anaknya untuk melakukan aktivitas-aktivitas ini, agar mereka bisa lebih bersemangat untuk berpuasa.
Share:

No comments:

Post a Comment

Footer Link

Pengumuman

  1. Tamu yang menginap 1x24 jam harus lapor RT.
  2. Dilarang Parkir Mobil di Jalan Perumahan
  3. Segala Jenis Truk dilarang Memasuki Jalan Perumahan

info ronda

Pelaksanaan Ronda lingkungan dimulai pukul 22.00 WIB s.d. Menyesuaikan Kondisi

Recent Posts

POSTINGAN TERBARU

Recent Posts Widget