Gerhana Matahari Hibrida, 20 April 2023

Kutbah Sholat Gerhana Matahari, Masjid At Taqwa, 20 April 2023


Sholat gerhana matahari dilaksanakan 2 raka'at, disetiap raka'at ada dua ruku'. Jaman Rosululloh pada raka'at pertama membaca QS, Al Baqarah, masih pada raka'at pertana setelah ruku' membaca QS Anisa' dan diraka'at kedua membaca QS Ali 'imron. Bisa dibayangkan berapa lamanya sholat gerhananya Nabi Muhammad SAW. 
Pada kali ini gerhana matahari hibrida yang terjadi tgl 20 April 2023, Imam Sholat Gerhana di Masjid At Taqwa Pungkuran Banjarnegara, Ustadz Syafrudin Maulana, LC membaca QS Al Baqarah demikian lamanya terasa. Kaki gemetar.
Fenomena astronomi gerhana matahari hibrida akan terjadi hari ini, Kamis 20 April 2023. Peristiwa ini dapat disaksikan di seluruh Indonesia. Dikutip dari laman BMKG, Gerhana Matahari adalah peristiwa terhalangnya cahaya Matahari oleh bulan sehingga cahayanya tidak sepenuhnya sampai ke bumi. Peristiwa ini hanya terjadi pada saat fase bulan baru akibat dinamisnya pergerakan posisi Matahari, Bumi dan Bulan. 
Hukum mendirikan shalat gerhana (khusuf) adalah sunnah muakkadah. Artinya shalat sunnah yang sangat dianjurkan. Hal ini berdasarkan dalil dari hadis Nabi SAW: 

 إِنَّ الشَّمْسَ وَالْقَمَرَ لَا يَنْكَسِفَانِ لِمَوْتِ أَحَدٍ فَإِذَا رَأَيْتُمُوهُمَا فَصَلُّوا وَادْعُوا حَتَّى يُكْشَفَ مَا بِكُمْ 

 "Sesungguhnya matahari dan bulan tidak akan mengalami gerhana disebabkan karena matinya seseorang. Jika kalian melihat gerhana keduanya, maka dirikanlah shalat dan banyaklah berdoa hingga selesai gerhana yang terjadi pada kalian." (HR. Bukhari no. 982) 

Adapun orang yang dapat mengerjakan sholat gerhana adalah mereka yang berada di wilayah yang dilintasi gerhana. Sementara orang yang wilayahnya tidak dilintasi gerhana tidak dituntunkan mengerjakannya. Waktu Melaksanakan Shalat Gerhana Lantas kapan waktu melaksanakan shalat gerhana ini? 

Dikutip dari laman Muhammadiyah, sholat gerhana dilaksanakan pada saat terjadi gerhana hingga selesainya. Artinya shalat dilakukan pada puncak terjadinya gerhana. Bagaimana jika sementara sholat gerhana telah selesai? Mengingat waktu terjadinya gerhana yang cukup singkat, maka apabila gerhana telah usai sementara shalat masih dilaksanakan, maka shalat tetap dilanjutkan dengan memperpendek bacaan. 
Berapa Rakaat Shalat Gerhana Matahari Pelaksanaan shalat gerhana matahari dapat dikerjakkan secara berjamaah. Baik di dalam masjid maupun di tanah lapang. Jumlah rakaat shalat gerhana matahari adalah 2 rakaat. Urutan dan langkah-langkanya pun sama dengan shalat sunnah pada umumnya. Niat Shalat Gerhana Matahari Adapun bacaan niat sholat gerhana yang dapat dilafalkan adalah sebagai berikut:

 أُصَلِّيْ سُنَّةً لِكُسُوْفِ الشَّمْسِ اِمَامًا / مَأْمُوْمًا لِلّهِ تَعَالَى 

 Bacaan latin: Ushalli sunnatan-likhusuufi-syamsi imaaman/ makmuman lillali ta'ala.
Share:

No comments:

Post a Comment

Footer Link

Pengumuman

  1. Tamu yang menginap 1x24 jam harus lapor RT.
  2. Dilarang Parkir Mobil di Jalan Perumahan
  3. Segala Jenis Truk dilarang Memasuki Jalan Perumahan

info ronda

Pelaksanaan Ronda lingkungan dimulai pukul 22.00 WIB s.d. Menyesuaikan Kondisi

Recent Posts

POSTINGAN TERBARU

Recent Posts Widget