Kajian Subuh 15 Ramadhan 1444H


15 Ramadhan 1444H, 6 April 2023 bersama Ustadz Susianto,SKM. Membahas QS, Al Fatihah.
Surah al-fatihah merupakan surah pembuka dalam al-quran. Surah ini diturunkan dimekkah yang terdiri dari 7 ayat dan surah pertama yang dibaca seseorang dalam setiap rakaat shalat.
Surah ini memiliki banyak nama diantaranya Ummul-Kitab (Induk Kitab) atau Ummul-Quran (Induk Quran) yang merupakan induk dari semua Al-quran.
Surah ini memiliki banyak nama diantaranya Ummul-Kitab (Induk Kitab) atau Ummul-Quran (Induk Quran) yang merupakan induk dari semua Al-quran.
Karena isi kandungan ketujuh ayatnya merupakan intisari dari Al-Qur’an, meliputi aqidah, ibadah, syariah, keyakinan atas hari akhir, keimanan atas sifat mulia Allah, pengesaan dalam penyembahan, juga permohonan pertolongan melalui doa.

Isi kandungan surah al-fatihah meliputi : 
Ayat pertama dan ketiga 
Menyakini Allah dengan segala sifat keutamaanNya. 
Ayat kedua 
Menyakini bahwa Allah telah mencurahkan kasih sayang-Nya dan menciptakan serta mengatur alam semesta. Karena Allah adalah Sang Penguasa alam. 
Ayat keempat 
Menyakini bahwa hanya Allah yang mengetahui dan menentukan hari akhir. 
Ayat kelima 
Meyakini bahwa tidak ada Dzat lain yang patut disembah dan dimintai pertolongan kecuali Allah SWT. Sehingga ayat ini berisi tentang keikhlasan, kepasrahan dan totalitas.
Ayat keenam dan ketujuh 
Hendaknya manusia hidup dengan mematuhi segala perintahNya dan menjauhi segala laranganNya agar Allah selalu menunjukkan umatNya ke jalan yang benar dan mudah.





Share:

No comments:

Post a Comment

Footer Link

Pengumuman

  1. Tamu yang menginap 1x24 jam harus lapor RT.
  2. Dilarang Parkir Mobil di Jalan Perumahan
  3. Segala Jenis Truk dilarang Memasuki Jalan Perumahan

info ronda

Pelaksanaan Ronda lingkungan dimulai pukul 22.00 WIB s.d. Menyesuaikan Kondisi

Recent Posts

POSTINGAN TERBARU

Recent Posts Widget