-->

Dapatkan artikel terbaru dari kami dengan memasukkan email pada form yang tersedia di bawah ini

Setelah Anda memasukkan email diatas, maka secara otomatis Anda akan menerima postingan baru dari kami

Azab Kubur, Kajian Rutin


Kajian Rutin Ahad Pagi Ba'da Sholat Subuh, 29 Oktober 2023 Masjid Al Mu'minun Perumahan Gayam Permai Banjarnegara, bersama Ustad H.Yusman, SHI. Tema yang di samapaikan adlah Azab Kubur bagi orang kafir. 
Diriwayatkan dari Hani, hamba sahaya Utsman bin Affan, dia berkata: "Utsman menangis jika berdiri di sisi kuburan, hingga jenggotnya basah. Dikatakan kepadanya, 'Engkau tidak menangis ketika disebutkan surga dan neraka, namun mengapa ketika disebutkan kubur engkau menangis?'
Beliau menjawab, 'Sungguh, aku pernah mendengar Rasulullah Shallallahu alaihi wa sallam bersabda,

 القبر أول مناز الاخرة، فإن نجا منه فمابعده أيسرمنه، وإن لم ينج منه فما بعده أشد 

 "Kuburan adalah tempat pertama dari kehidupan akhirat, jika seseorang selamat darinya maka (kehidupan) setelahnya akan lebih mudah. Namun jika seseorang tidak selamat darinya maka (kehidupan) setelahnya akan lebih sulit". Utsman bin Affan juga menuturkan, "Aku juga mendengar nabi Shallallahu alaihi wa sallam bersabda,

ما رأيت منظرا قط إلا والقبر أفظع منه 

'Aku tidak pernah melihat pemandangan yang lebih menyeramkan daripada kuburan'" Hadits riwayat At-Tirmidzi dan Ibnu Majah.


Adapun orang munafik dan orang kafir, maka ditanyakan kepada mereka, 
‘Apa yang dulu Engkau katakan tentang orang ini –yaitu Muhammad shallallahu ‘alaihi wa sallam-?’ Maka mereka berkata, ‘Aku tidak tahu. Aku dulu mengatakan apa yang dikatakan oleh kebanyakan manusia.’ Malaikat berkata, ‘Engkau tidak tahu dan Engkau tidak mengikuti.’ Malaikat kemudian memukulnya dengan palu dari besi, dia pun berteriak sampai-sampai didengar oleh makhluk yang berada di atasnya, selain jin dan manusia” (HR. Bukhari no. 1374). 

Hadits ini tegas menunjukkan bahwa orang kafir akan ditanya di kubur mereka. Maka jelaslah bahwa pendapat yang benar adalah bahwa orang kafir akan ditanya di alam kuburnya dan orang kafir justru lebih layak ditanya daripada orang beriman. Jika telah pasti bahwa orang kafir akan ditanya pada hari kiamat, maka tidak ada penghalang bagi mereka untuk juga ditanya di alam kuburnya.





Disqus Comments
Tema Kebekerjaan

Tujuan tema Keberkerjaan, tujuan umum adalah agar peserta didik mampu memahami ruang lingkup dan karakteristik dunia kerja sesuai dengan program keahliannya.

Gaya Hidup Berkelanjutan

Membangun kesadaran untuk menjaga pola hidup yang baik (disiplin, tanggungjawab, motivasi,loyalitas, integritas, hidup sehat/bersih dsb) pola hidup tersebut melibatkan lingkungan dan aksi nyata dalam keseharian (kemdikbudristek)

Flexible System

Styles and UI elements fit for any kind of a web related project

Mobile Friendly

Make your slide looks great on all screens, tablets and phones

Copyright © 2017 Perumahan Gayam Permai Banjarnegara