Merasakan Kenikmatan dalam Shalat

Kajian rutin Ahad Pagi, 12 November 2023 bersama Ustadz Andi Yulianti. Tema pada pagi ini adalah merasakan Sholat. Kenikmatan dalam Shalat bisa kita rasakan ketika kita tidak merasa sendiri saat Shalat. Merasakan kehadiran Allah di hadapan kita, seolah-olah kita sedang bercakap-cakap dengan-Nya. Suasana spiritualitas ini membuat manusia merasa semakin dekat dengan Tuhan. Tidak heran jika sebelum Shalat, kita harus membersihkan diri baik secara jasmani dan rohani, karena secara tidak langsung kita meminta Allah untuk mendengar dan memperhatikan kita. 
Sama dengan makan, sebelum makan kita harus membersihkan tangan dan memastikan tempat makan bersih dari kuman. Untuk dapat memutuskan bahwa makanan itu lezat dan baik untuk tubuh, perlu dicicipi oleh indera perasa dan dicerna oleh system pencernaan dalam tubuh. Sama halnya dengan Shalat. Untuk dapat merasakan kelezatan Shalat, kita perlu mencoba dan terus mencobanya. Akan tetapi, seperti apa kelezatan dalam Shalat itu? Bagaimana kita tahu bahwa Shalat yang kita kerjakan ini terasa nikmat? Pertanyaan-pertanyaan itu seringkali muncul dalam benak kita.
Saat sholat adalah keadaan yang begitu dekat antara hamba dengan tuhannya. Saat berdiri, adalah keadaan dia bermunajat dengan tuhannya. Kemudian saat sujud adalah keadaan terdekat antara dia dengan penciptanya. Maka cukuplah ini sebagai alasan untuk menghadirkan rasa khusyuk anda, saat sholat.Setelah merasakan kenikmatan Shalat, maka hati pun mendapatkan ketenangan. Bisa dikatakan, inilah yang disebut kebahagiaan sesungguhnya. 
Ketika hati menjadi tentram dan selalu cenderung pada Allah Ta’ala. Sungguh Shalat dapat memberikan cita rasa yang tinggi dan kebahagiaan yang hakiki. Banyak cara yang dilakukan untuk mendapatkan kenikmatan dalam Shalat. Tentu saja Shalat harus Khusyu’, memastikan bahwa diri sendiri dan tempat Shalat harus bersih, bahkan suasana yang sunyi tanpa adanya suara sangat dibutuhkan untuk menemukan cita rasa dalam Shalat. Shalat harus dengan tenang tanpa terburu-buru. Ibarat makan, tidak mungkin kita merasakan nikmatnya makan jika kita terburu-buru.





Share:

No comments:

Post a Comment

Footer Link

Pengumuman

  1. Tamu yang menginap 1x24 jam harus lapor RT.
  2. Dilarang Parkir Mobil di Jalan Perumahan
  3. Segala Jenis Truk dilarang Memasuki Jalan Perumahan

info ronda

Pelaksanaan Ronda lingkungan dimulai pukul 22.00 WIB s.d. Menyesuaikan Kondisi

Recent Posts

POSTINGAN TERBARU

Recent Posts Widget