Sabar Yang baik, Fa Shabrun Jamil

 



Fa Shabrun Jamil artinya adalah maka bersabar itulah yang terbaik. Lafazh ini terdapat di dalam Al-Quran Surat Yusuf Ayat 18. Makna dari lafazh itu berkenaan tentang masalah kesabaran.Secara terminologi, fa shabrun jamil berasal dari bahasa Arab, shabrun artinya “sabar“, sedangkan jamil artinya “indah“, sedangkan fa merupakan kata penghubung “itu“. Secara istimalh, fa shabrun jamil artinya sabar itu indah, diungkapkan kepada orang yang emosinya sedang meluap, sedang marah, diucapkan bagi diri sendiri yang tidak bisa mengontrol emosi. 
Tidak ada keutmaan atau keistimewaan khusus ketika mengucapkannya, namun apabila kita mendalami maknanya, maka kita akan mengetahui bahwa kalimat tersebut adalah kalimat yang baik untuk diucapkan. 
Berikut adalah lafadz bacaan teks kalimat bahasa Arab kalimat kata-kata fa shabrun jamil lengkap dengan teks latin beserta artinya atau terjemahan bahasa Indonesia singkat pendek ringkas.Makna dari kata-kata fa shabrun jamil menurut agama Islam adalah, sebagai umat muslim kita dianjurkan untuk bersikap sabar dalam menghadapi sesuatu. 
Kita tidak boleh tergesa-gesa untuk menyelesaikan sebuah tugas, pelan saja namun pasti. Kita juga jangan terburu-buru mengambil keputusan, pikirkan masak-masak terlebih dahulu. Makna lain dari kalimat sabar itu indah adalah apabila kita bisa menahan hasrat, keinginan, nafsu dan bersikap sabar, niscaya Allah SWT akan memberikan banyak berkah kepada kita.
Kesabaran itu indah. Berat di kala melakukannya namun manis di akhirnya. Orang-orang yang bisa bersabar akan mendapatkan banyak kesuksesan di dalam hidupnya. Kita bisa saksikan itu dalam berbagai kisah-kisah para nabi dan rasul serta orang-orang shalih di zaman dahulu. Di zaman sekarang pun banyak orang-orang yang bisa sukses karena mampu bersabar. Baik dalam keluarga, karir, pekerjaan, bisnis, kepemimpinan, dan bidang-bidang lainnya.
Share:

No comments:

Post a Comment

Footer Link

Pengumuman

  1. Tamu yang menginap 1x24 jam harus lapor RT.
  2. Dilarang Parkir Mobil di Jalan Perumahan
  3. Segala Jenis Truk dilarang Memasuki Jalan Perumahan

info ronda

Pelaksanaan Ronda lingkungan dimulai pukul 22.00 WIB s.d. Menyesuaikan Kondisi

Recent Posts

POSTINGAN TERBARU

Recent Posts Widget