Resolusi Tanpa batas


Kajian rutin Ahad pagi bersama Ustad Zein Faqih berjudul Resolusi Tanpa Batas. 
Istilah yang saat ini populer di kalangan pengguna internet hingga menjadi bahan berita hiburan adalah istilah resolusi. Kadang untuk membedakan istilah resolusi, revolusi, dan evolusi dengan mendengar istilah tersebut akan/hampir sama, kesulitan membedakan. Resolusi disini didefinikan sebagai capaian atau sesuatu yang ingin dicapai. 
Secara umum, resolusi adalah suatu janji pada diri sendiri atau keputusan untuk melakukan sesuatu, terutama untuk memperbaiki perilaku atau gaya hidup seseorang di tahun mendatang.Jika ada resolusi yang tercapai tahun ini, maka tahun depan kita akan membuat yang baru. Jika ada resolusi yang belum tercapai, selama masih relevan, dapat dilanjutkan untuk tahun depan. Namun, jika resolusi tidak tercapai (baik tahun ini maupun tahun depan), harus diganti apa yang kita impikan.
Jangan hanya menjadikan resolusi sebagai tren yang menghiasi situs media sosial setiap saat sebelum tahun baru dimulai. Perlu dicatat bahwa resolusi bukanlah parameter yang dapat menentukan keberhasilan dan keindahan impian orang. Ingatlah bahwa penyelesaian adalah permintaan yang harus dibuat sebagai bentuk tanggung jawab diri.
Sebagai seorang Muslim tentu memiliki resolusi yang bernilai dunia dan bernilai akhirat. Bagaimana dengan seorang muslim, apakah boleh mempunyai resolusi di tahun baru ini? Tentunya tidak masalah, tidak ada larangan bagi setiap muslim mempersiapkan resolusi untuk merancang apa yang ingin dicapai selama hal itu diniatkan untuk hal yang baik. Dengan adanya resolusi akan mempermudah setiap langkah yang dijalani untuk menggapai apa yang dicita-citakan. Setelah adanya niat yang baik tentu harus disertai tindakan yang pasti.

Resolusi Tanpa batas sebagai seorang Muslim :
1. Sholat, 
Shoat sebagai hal yang wajib bagi seorang islam tentu menjadi tujuan yang utam sebagai seorang muslim dalam hidup. Ditahun 2024 ini capaian sholat lebih dengan tidak hanya menggurkan kewajiban akan tetapi lebih sebagai kebutuhan akan Rabbnya. Dengan sholat seorang hamba mengadukan segala hal, mengakui keesaan Alloh SWT. Tunduk dan patuh atas kehendakNya.
Terkadang dengan kesibukan yang dilakukan menyebabkan tidak sedikit seorang muslim yang lalai dalam menjalankan shalat. Oleh karena itu, untuk mengubah kebiasaan buruk tersebut, kita bisa memasukkan ke dalam daftar resolusi agar dapat melaksanakan shalat tepat waktu. 
Resolusinya adalah jika tahun lalu hanya melaksanakan sholat wajib saja maka ditahun 2024 ini menambah dengan melaksanakan sholat sunah

2. Membaca Qur'an,
Membaca Al-Quran serta mempelajarinya dengan baik merupakan suatu Dengan membaca dan mempelajari Alquran secara mendalam dapat meningkatkan wawasan serta pengetahuan. Selain itu juga termasuk salah satu ibadah yang amat menentramkan hati dan pikiran dan tentu akan menjadi resolusi tahun baru yang sangat bermanfaat. Memperdalam Alquran secara benar, bisa dimulai dengan mempelajari tajwid hingga tafsir terhadap ayat-ayat Al-Quran. Resolusi ditahun 2024 ini melaksanakan membaca Al Qur'an pada setiap hari bahkan mengamalkannya.

3. Puasa
Puasa sebagai ibadah yang dapat membentengi diri dari hal-hal yang berbuat dosa/menahan hawa nasfus. Jika ditahun 2023 kita hanya melaksanakan puasa wajin dibulan Ramadhan, maka resolusi di tahun 2024 ini melaksanakan juga puasa-puasa sunah.

4. Dakwah


Share:

No comments:

Post a Comment

Footer Link

Pengumuman

  1. Tamu yang menginap 1x24 jam harus lapor RT.
  2. Dilarang Parkir Mobil di Jalan Perumahan
  3. Segala Jenis Truk dilarang Memasuki Jalan Perumahan

info ronda

Pelaksanaan Ronda lingkungan dimulai pukul 22.00 WIB s.d. Menyesuaikan Kondisi

Recent Posts

POSTINGAN TERBARU

Recent Posts Widget