Kitab Jawailul Alim


PENGAJIAN AHAD SUBUH Ust Zein Faqih Ahad Pahing 14 Juli 2024 

Oleh
Dwi Budi Prasojo,SKM

Tahun Hijriyah Hikmah yang bisa kita ambil di tahun baru Hijriah ini adalah semangat utk tetap terus memperbaiki diri dgn tingkat keimanan yg bertambah. 
Tema minggu ini...Kitab Hadist2 Nabi ada salah satunya kitab..Jawailul alim..hadist pendek tapi bermakna mjd luas. semisal..sholatlah kamu sebagaimana Aku sholat...dari hadist itu muncul hadiat2 tentang fiqih sholat..muncul hadist2 menurut Hambali, Maliki dll Hadist yg kita bahas hr ini tentang hadist2 kisah - kisah. salah satunya hadist yg meriwayatkan tentang kisah seseorang yg bersodakoh secara sembunyi2. ketika malam hr dia punya niat utk sodakoh secara diam2..dia menemui seseorang yg membutuhkan ..ternyata malah dia bersodakoh kpd pencuri. pencuri malah bercerita kpd yg Iain shg paginya mjd viral sodakoh ko kpd pencuri. Malam kedua malah bersodakoh kpd seorang pezina. ramai lagi. .
Malam ke 3 ditrimakan kpd orang kaya. Sampai malam ke 4 dia bermimpi bahwa sodakohnya malah ditrima Allah SWT. Harapannya semoga pencuri, pezina bisa bertoubat, dan yg kaya bisa mendptkan pelajaran utkjg mau bersodakoh jg. Nabi menceritakan amal sholehnya tanpa menyebut siapa orang yg bersodakoh atau dari mananya. jd pelajaran dr ini jabatan bukan apa apanya bila tanpa amal sholeh. amal yg diceritkan oleh nabi utk mjdkan pelajaran dan amal kebaikan. Pelajaran yg ke 2 yaitu betapa luasnya rahmad Allah SWT, kasih sayang Allah begitu banyak ..sodakoh krn mengharap keridoan Allah. sodakoh bersembunyi2 malam hr agar terhindar dr sifat riya, meskipun dimata orang2 sodakohnya salah sasaran tp Allah menerima karena keiklasan dan ketulusan hati orang dimaksud. 
Bila dlm lingk ada yg berbuat amalan sholeh, berbuat baik akan berpengaruh kpd lingk jg begitu sebaliknya bila dlm suatu tempat ada yg berbuat maksiat, imbasnya akan berpengaruh jg dlm ligknya. Kerusakan sosial dimasyarakat bisa terindari bila sodakoh yg diberikan bisa tersalurkan dgn sempurna. Inti kadis kisah ini adalah
 1. Beramal sholeh 
2. Milikilah amal 2 yg kita rahasia, shingga mendatangkah rahmad Allah. 
3. Banyak2 kita bersodakoh 
NoteGuru
Share:

No comments:

Post a Comment

Footer Link

Pengumuman

  1. Tamu yang menginap 1x24 jam harus lapor RT.
  2. Dilarang Parkir Mobil di Jalan Perumahan
  3. Segala Jenis Truk dilarang Memasuki Jalan Perumahan

info ronda

Pelaksanaan Ronda lingkungan dimulai pukul 22.00 WIB s.d. Menyesuaikan Kondisi

Recent Posts

POSTINGAN TERBARU

Recent Posts Widget