Jami'yyatul Qur'an, 1 Desember 2023

 

Kegiatan Jami'yyatul Qur'an dilaksanakan setiap bulan dilaksanakan tanggal 1. Kegiatan ini salah satunya adalah untuk khataman bagi warga/ jama'ah Masjid Al Mu'minun Perumahan Gayam Permai yang telah menyelesaikan bacaan Al Qur'anya.


“Barangsiapa membaca satu huruf dari kitabullah, baginya satu kebaikan. Satu kebaikan akan dilipatgandakan sepuluh. Aku tidak mengatakan ‘alif laam miim’ itu satu huruf, akan tetapi, alif satu huruf, laam satu huruf dan miim satu huruf” (HR. Tirmidzi no. 2915. 
Berdasarkan hadis di atas, dapat disimpulkan bahwa ribuan kebaikan bisa kita dapatkan hanya dengan membaca satu ayat dalam Alquran. Tak hanya itu saja, sebagai kitab suci umat Islam yang juga berperan sebagai pedoman hidup, Alquran memuat cara hidup serta ilmu pengetahuan. Bahkan bisa dibilang, ilmu pengetahuan yang ada dalam Alquran menyediakan seluruh jawaban dari semua pertanyaan dan permasalahan di dunia hingga akhirat.
Tak hanya memberikan banyak pahala dan kebaikan, membaca Alquran juga dapat mempengaruhi jiwa dan pikiran manusia agar terasa lebih tenang serta tenteram. Seperti yang disebutkan oleh Allah dalam Alquran surah Yunus ayat ke-57 bahwa Alquran adalah penyembuh bagi penyakit seluruh penyakit yang ada di dada, juga sebagai rahmat bagi orang yang beriman. Untuk itu, tak ada alasan bagi kita umat Muslim untuk tidak membaca Alquran. Akan lebih baik lagi jika kita membaca Alquran secara rutin setiap harinya. Agar semakin mantap untuk membaca Alquran setiap hari, simak sederet keutamaan membaca Alquran setiap hari berikut ini:

Menjadi Syafaat di Hari Kiamat Keutamaan membaca Alquran yang pertama, yakni akan menjadi syafaat atau penolong di hari kiamat bagi orang-orang yang membacanya. Simpulan ini didapatkan dari HR Muslim yang berbunyi: “Dari Abu Amamah radhiyallahu ‘anhu, aku mendengar Rasulullah Saw bersabda: Bacalah Alquran karena sesungguhnya ia akan menjadi syafaat bagi para pembacanya di hari kiamat.”Akan Dibersamakan dengan Para Malaikat

Keutamaan berikutnya dari membaca Alquran adalah kelak orang-orang yang membaca Alquran akan dibersamakan dengan para malaikat Allah Swt. Hal ini seperti kata Rasulullah Saw. yang tertuang dalam HR Bukhari Muslim yang berbunyi. “Dari Aisyah Radhiyallahu ‘anhu yang mengatakan bahwa Rasulullah Saw bersabda: Orang yang membaca Alquran dan ia mahir membacanya, maka kelak ia akan bersama para malaikat yang mulia lagi taat kepada Allah.”

Diangkat Derajatnya Tak hanya mendapat pahala, orang yang membaca Alquran secara rutin juga akan dinaikkan derajatnya oleh Allah Swt Hal ini dikatakan oleh Nabi Muhammad Saw dalam HR Muslim yang bertuliskan: “Dari Umar bin Khatab radhiyallahu ‘anhu, Rasulullah Saw bersabda: Sesungguhnya Allah Swt akan mengangkat derajat suatu kaum dengan kitab ini (Alquran), dengannya pula Allah akan merendahkan kaum yang lain.” (HR Muslim)

Selain itu, dalam literatur hadis lain juga dijelaskan tentang keutamaan membaca Alquran, yakni Allah akan menurunkan ketenangan, rahmat dan memuji suatu kaum yang melantunkan ayat-ayat Alquran, dan juga malaikat akan melingkarinya. “Dari Abu Hurairah radhiyallahu ‘anhu, ia berkata bahwa Rasulullah Saw bersabda: Tidaklah suatu kaum berkumpul dalam salah satu rumah dari rumah-rumah Allah (masjid), untuk membaca Alquran dan mempelajarinya, kecuali akan diturunkan kepada mereka ketenangan, dan mereka dilingkupi rahmat Allah, para malaikat akan mengelilingi mereka dan Allah akan menyebut-nyebut mereka di hadapan makhluk-Nya yang berada di dekat-Nya (para malaikat).” (HR. Muslim)

Dicintai Allah Swt Di sisi lain, saat kamu mulai rutin membaca Alquran setiap hari, lebih baik jika kamu sekaligus mengkhatamkan Alquran. Sebab, mengkhatamkan Alquran adalah amalan yang paling dicintai oleh Allah Swt. Hal itu tertuang dalam hadis Riwayat Imam Tirmidzi yang berbunyi: “Dari Ibnu Abbas radhiyallahu ‘anhu, beliau mengatakan ada seseorang yang bertanya kepada Rasulullah Saw: “Wahai Rasulullah, amalan apakah yang paling dicintai Allah?” Beliau menjawab: “Al-hal wal murtahal”, orang ini bertanya lagi: “Apa itu al-hal wal murtahal, wahai Rasulullah?” Beliau menjawab, “yaitu yang membaca Alquran dari awal hingga akhir. Setiap kali selesai, ia mengulanginya lagi dari awal.” (HR. Tirmidzi: 2872)

Mengubah Perilaku Buruk Menjadi Baik Membaca Alquran dengan hati yang tenang dan rasa yang bahagia dapat mengubah seseorang yang semula berperilaku tidak baik, menjadi lebih baik. Rasullulah Saw pernah bersabda: “Sebaik-baiknya manusia adalah yang membaca dan mempelajari Alquran serta mengajarkannya pada orang lain.” (HR. Bukhari)

Sembuh dari Penyakit Hati Di zaman serba internet seperti sekarang ini, siapa yang tak ingin hatinya tenang dan jauh dari penyakit hati? Tentu saja hampir semua orang menginginkannya, dan membaca Alquran setiap hari menjadi salah satu hal yang bisa dilakukan umat Muslim agar terhindar dari penyakit hati.Membaca Alquran dengan hati yang lapang dan tulus rupanya dapat menyembuhkan penyakit hati yang mencakup iri, dengki, senang membicarakan keburukan orang lain, merasa dendam dan sebagainya. Hal ini tertuang dalam hadis riwayat Al-Baihaqi yang berbunyi: “Sesungguhnya hati itu dapat berkarat sebagaimana besi berkarat. Rasulullah Saw lalu ditanya, “Apa yang membuat hati agar tidak berkarat?” Rasul menjawab, “membaca Alquran dan mengingat kematian”.” (HR Al-Baihaqi)

Allah Beri Orang Tua Kita Kenikmatan dan Perlindungan Bagi seorang anak yang membiasakan diri membaca Alquran semata-mata karena kecintaannya terhadap Allah Swt dan kedua orang tuanya, maka Allah akan melindungi kedua orang tuanya dan memberi orang tua tersebut kenikmatan, termasuk mahkota pada kepala mereka sebagai tanda keberkahan, seperti yang dikatakan Rasulullah Saw: “Barang siapa yang membaca Alquran dan mengamalkannya semata-mata karena Allah Swt maka Allah akan memberikan mahkota di kepala kedua orang tuanya dan kenikmatan pada hari kiamat dan akan terlihat lebih terang daripada sinar matahari, sehingga kamu tidak akan menduganya bahwa ganjaran itu dikarenakan amalan-amalan si pembaca Alquran itu.” (HR. Abu Daud)
Share:

No comments:

Post a Comment

Footer Link

Pengumuman

  1. Tamu yang menginap 1x24 jam harus lapor RT.
  2. Dilarang Parkir Mobil di Jalan Perumahan
  3. Segala Jenis Truk dilarang Memasuki Jalan Perumahan

info ronda

Pelaksanaan Ronda lingkungan dimulai pukul 22.00 WIB s.d. Menyesuaikan Kondisi

Recent Posts

POSTINGAN TERBARU

Recent Posts Widget