Kajian Rutin Ahad Pagi : QS. Al Qori'ah

Kajian Rutin Ahad Pagi, 10 Desember 2023 bersama Ustadz Retno Ahmad Pujiono,LC dari MTQ NUSA Banjarnegara. Tema pada Ahad ini adalah QS AL Qori'ah. 
Al-Qariah merupakan salah satu surat dalam Al-Quran tepatnya surat ke 101. Al-Qariah terdiri dari 11 ayat yang ada pada jus 30 atau kelompok juz amma. Surat Al-Qariah diturunkan di kota Mekkah sehingga termasuk dalam golongan surat Makkiyah. Berikut adalah isi kandungan surah Al-Qariah beserta bacaan Arab dan latinnya Dikutip dari buku Juz Amma Tajwid Berwarna dan Terjemahannya, M. Khalilurrahman Al Mahfani (2014 :165) surat Al-Qariah yang terdiri dari 11 ayat dan diturunkan setelah surat Al-Quraisy ini penamaannya diambil dari kata Al-Qariah yang terdapat pada ayat pertama. 
Al-Qariah memiliki arti hari kiamat. Dalam Alquran ada beberapa nama lain yang memiliki arti hari kiamat yaitu Al-Qiyamah, Al-Haqah, dan Al-Ghasyiyah.
Ayat 1 – 3 
Tiga ayat ini mendefinisikan Al-Qariah yang mengandung arti hari kiamat. Dilanjutkan dengan satu pertanyaan Allah, apakah Al-Qariah itu? Pada ayat ketiga ini Allah bertanya lagi “Tahukah kamu apakah hari ini hari kiamat?” 
Ayat 4 – 5 
Menjelaskan peristiwa yang terjadi pada hari kiamat keadaan manusia sangat panik, ketakutan dan kebingungan. Mereka berlarian tak tentu arah sehingga digambarkan seperti anai-anai yang beterbangan.Di antara para mussafir ada yang menjelaskan makna anai-anai adalah laron-laron yaitu binatang yang terbang tak tentu arah, ia hanya terbang apakah ia akan selamat atau celaka. Sedangkan, gunung-gunung digambarkan seperti bulu yang berhamburan. Bisa dibayangkan betapa dahsyatnya kiamat pada saat itu sehingga gunung diibaratkan seperti bulu yang dihambur-hamburkan sehingga menjadikan manusia kebingungan.
Ayat 6 – 9 
Ayat ini menjelaskan bahwa pada waktu kiamat itu kelak akan diadakan timbangan (mizan). Semua amal manusia seberat zarrah pun atau sehalus (atom), tidak lepas dari timbangan. Bagi mereka yang ringan timbangan amal kebaikannya, dan bahkan kosong dari kebajikan, maka tempat kembalinya adalah jurang yang dalam di neraka Hawiyah. 
Ayat 10 – 11 
Menjelaskan tentang neraka Hawiyah yang memiliki arti yang turun. Maka orang yang sedikit amal kebaikannya akan dimasukkan Allah SWT ke dalam neraka Hawiyah. Neraka Hawiyah itu berisi api yang panas dan bergejolak.






Share:

1 comment:

Footer Link

Pengumuman

  1. Tamu yang menginap 1x24 jam harus lapor RT.
  2. Dilarang Parkir Mobil di Jalan Perumahan
  3. Segala Jenis Truk dilarang Memasuki Jalan Perumahan

info ronda

Pelaksanaan Ronda lingkungan dimulai pukul 22.00 WIB s.d. Menyesuaikan Kondisi

Recent Posts

POSTINGAN TERBARU

Recent Posts Widget