Kerja Bhakti Warga, Aktivitas Kebersamaan

Momen yang ditunggu-tunggu saat kerja bhakti; "medang"

Gayam Permai 05/2/2023. Salah satu kegiatan rutin yang diselenggarakan oleh Rt 06 Rw 05 Kelurahan Kutabanjarnegara Kec/Kab. Banjarnegera (Perumahan Gayam Permai) adalah Kerja Bhakti. Kegiatan rutin ini selalu didukun oleh warga terbukti keikutsetaan cukup banyak, kecuali warga yang sedang dalam kepetingan. Keberadaan kegiatan ini akan terus dilakukan untuk menjaga kekompakan dan lainnya.
Konsep gotong royonglah yang menyatukan masyarakat indonesia bisa meraih kemerdekaan dari para penjajah. Nilai-nilai gotong royonglah yang mampu membangkitkan semangat masyarakat untuk tetap berjuang dan menjadikanya sebagai pemersatu dan pemicu semangat di kalangan masyarakat. Seiring dengan perkembangan modernisasi dan globalisasi yang semakin pesat juga memberikan dampak kepada masyarakat terhadap eksistensi nilai-nilai leluhur yang selama ini dijadikan sebagai penyaring kebudayaan dari luar. Teknologi yang semakin canggih membuat nilai-nilai kebudayaan dan sosial mulai luntur atau sudah jarang ditemukan, salah satunya budaya tersebut yaitu kegotong royongan. 
Adanya teknologi yang semakin canggih memberikan kemudahan masyarakat dalam membantu dan menyelesaikan setiap pekerjaannya. Selain itu perkembangan teknologi ini juga mengakibatkan banyak perubahan pada pola kehidupan masyarakat, yang dulunya merupakan desa namun karena adanya tuntutan dari pihak luar mengakibatkan terjadi perubahan yang sangat dinamis sehingga menjadi perkotaan. Masyarakat perkotaan juga telah terjadi perubahan yang drastis, misalnya saja gotong royong hampir punah dalam setiap kegiatan yang dilaksanakan.

dengan keakraban serta antusiasme warga untuk melakukan kegiatan gotong royong khususnya di lingkungan masyarakat sekitarnya. Gotong royong memiliki nilai-nilai positif yaitu: 
  1. Kebersamaan. Gotong royong mencerminkan kebersamaan karena dengan gotong royong, masyarakat mau bekerja secara bersama-sama untuk membantu orang lain atau untuk membangun fasilitas yang dimanfaatkan bersama.
  2. Persatuan. Kebersamaan yang terjalin dalam gotong royong sekaligus melahirkan persatuan antar anggota masyarakat. Dengan persatuan yang ada, masyarakat menjadi lebih kuat dan mampu menghadapi permasalahan yang muncul. 
  3. Rela berkorban .Gotong royong mengajari sikap rela berkorban. Pengorbanan tersebut dapat berbentuk apapun, mulai dari berkorban waktu, tenaga, pikiran, hingga uang. Dengan gotong royong masyarakat rela mengesampingkan kepentingan pribadinya untuk memenuhi kebutuhan bersama. 
  4. Tolong menolong. Gotong royong mengajarkan warga masyarakat saling bahu-membahu untuk menolong satu sama lain. Sekecil apapun peran seseorang dalam gotong royong, selalu dapat memberikan pertolongan dan manfaat untuk orang lain. 
  5. Sosialisasi. Pada saat ini kehidupan masyarakat cenderung lebih mementingkan diri sendiri. Gotong royong dapat mengubah warga masyarakat kembali sadar jika dirinya adalah makhluk sosial.
Gotong royong membuat masyarakat saling mengenal satu sama lain sehingga proses sosialisasi dapat terus terjaga keberlangsungannya. Selain itu budaya gotong royong juga memiliki manfaat bagi kehidupan masyarakat sekitar antara lain adalah: 
1. Meringankan beban pekerjaan yang harus ditanggung. 
2. Menumbuhkan sikap sukarela, tolong-menolong, kebersamaan, dan kekeluargaan antar sesama anggota masyarakat 
3. Menjalin dan membina hubungan yang baik antar warga masyarakat 
4. Meningkatkan rasa persatuan dan kesatuan nasional 

Gotong royong di era kemajuan zaman ini sudah sangat langka ditemukan. Sifat keramahan dan kegotongroyongan yang sudah menjadi ciri khas dan budaya negara kita sejak nenek moyang yang harus kita lestarikan.
Jangan sampai dengan adanya kemajuan teknologi membuat luntur kebudayaan gotong royong ini. Maka dari itu kita sebagai generasi muda harus mampu membangun dan mempertahankan semangat kebudayaan gotong royong itu kembali, jangan sampai budaya itu tergerus oleh sifat individualisme yang tinggi, karena kita adalah satu bangsa yang harus dijaga keutuhanya.

Share:

Hadist Sunan Abu Daud, Hindari Prank !



Kajian Rutin Ahad Pagi 5 Februari 2023 (Ustadz Firdaus Maulana Akbar STh.I, LC)

Agama Islam adalah agama yang mengajarkan tentang pentingnya memiliki akhlak yang baik. Orang yang memiliki akhlak baik memiliki kedudukan yang tinggi di sisi Allah. 
 Rasulullah ﷺ bersabda:

 إِنَّ الْمُؤْمِنَ لَيُدْرِكُ بِحُسْنِ خُلُقِهِ دَرَجَةَ الصَّائِمِ الْقَائِمِ 

 Sungguh seorang mukmin yang akhaknya baik itu akan meraih derajatnya orang yang senantiasa berpuasa di siang hari dan shalat di malam hari (HR. Abu Dawud no. 4798). 
-------------------------------------------------------------------------------

 حَدَّثَنَا مُحَمَّدُ بْنُ عُثْمَانَ الدِّمَشْقِيُّ أَبُو الْجَمَاهِرِ، قَالَ: حَدَّثَنَا أَبُو كَعْبٍ أَيُّوبُ بْنُ مُحَمَّدٍ السَّعْدِيُّ، حَدَّثَنِي سُلَيْمَانُ بْنُ حَبِيبٍ الْمُحَارِبِيُّ، عَنْ أَبِي أُمَامَةَ، قَالَ: قَالَ رَسُولُ اللَّهِ صلى الله عليه وسلم: أَنَا زَعِيمٌ بِبَيْتٍ فِي رَبَضِ الْجَنَّةِ لِمَنْ تَرَكَ الْمِرَاءَ، وَإِنْ كَانَ مُحِقًّا، وَبِبَيْتٍ فِي وَسَطِ الْجَنَّةِ لِمَنْ تَرَكَ الْكَذِبَ، وَإِنْ كَانَ مَازِحًا، وَبِبَيْتٍ فِي أَعْلَى الْجَنَّةِ لِمَنْ حَسَّنَ خُلُقَهُ 

“ Muhammad bin Utsman al-Dimasyqi Abu al-Jamahir telah bercerita kepada kami, ia berkata: Abu Ka’b Ayyub bin Muhammad al-Sa’di telah bercerita kepada kami, Sulaiman bin Habib al-Muharibi telah bercerita kepadaku, dari Abu Umamah, ia berkata: Rasulullah saw. Telah bersabda: 
 “Aku memberikan jaminan rumah di pinggiran surga bagi orang yang meningalkan perdebatan walaupun dia orang yang benar. Aku memberikan jaminan rumah di tengah surga bagi orang yang meningalkan kedustaan walaupun dia bercanda. Aku memberikan jaminan rumah di surga yang tinggi bagi orang yang membaguskan akhlaknya”. (HR. Abu Dawud no. 4800) 

Rasulullah saw adalah teladan terbaik. Hendaknya kita sebagai seorang Muslim menjadikannya sebagai panutan dalam bersikap sehari-hari. Berkaitan dengan keseharian, Rasulullah sangat menganjurkan ummatnya untuk menjaga hubungan dengan sesama manusia. Bahkan beliau menjanjikan banyak hal sebagai motivasi, misalnya sebagaimana hadis di atas. Di sana disebutkan tiga cara untuk memperoleh rumah di surga: Menghindari perdebatan, menghindari dusta, dan berakhlak baik. 

Menghindari Perdebatan 
Dalam hadis tersebut Rasulullah saw. Memberi jaminan rumah di surga bagi orang yang meninggalkkan perdebatan, walaupun berada pada posisi yang benar. Di zaman ini seringkali kita dihadapkan pada suatu perkara yang memunculkan perdebatan, bahkan tak jarang kita masuk di dalamnya. Melalui pesan Rasulullah saw ini hendaknya kita lebih berhati-hati dalam menanggapi setiap kejadian. Jika dirasa pembicaraan sudah mengarah pada debat kusir, lebih baik dihindari. Berdebat daalam konteks ilmiah dengan argumentasi yang jelas tentu dibolehkan, selama tetap menjaga akhlak yang baik dan tidak memaksakan kehendak. Oleh karena itu, berdebat tanpa ilmu yang jelas, hanya akan berujung pada permusuhan dan memutus tali persaudaraan.

Meninggalkan Dusta meski bercanda (nge-prank)  

Selanjutnya Rasulullah saw. memberikan jaminan surga bagi orang yang meninggalkan dusta, walaupun dalam keadaan bercanda. Dusta adalah sesuatu yang tidak sesuai dengan keadaan sebenarnya. Maka sungguh mulia orang yang dapat meninggalkan dusta dalam kesehariannya, bahkan termasuk ketika bercanda (dengan nge-prank) Oleh karenanya, kita diperintahkan untuk termasuk ke dalam golongan orang-orang yang benar dalam kejujuran.

Berakhlak Baik 

Selanjutnya Rasulullah memberikan jaminan rumah di surga bagi orang yang membaguskan akhlaknya. Bahkan beliau menggunakan kata a’la al-jannah yang artinya surga yang tinggi. Hal ini mengisyaratkan betapa mulianya orang yang membaguskan akhlaknya. Berkaitan dengan akhlak ini Rasulullah pun telah memberikan contoh yang sangat baik.


Share:

Rukun Kesejahteraan Kampung Pungkuran (RKKP)

Pemakaman Umum Islam "PACEAN" Pungkuran Kutabanjarnegara

Setiap manusia akan mengalami sebuah proses kehidupan yang dimulai dari kelahiran hingga kematian, sebagai sunatulloh. Manusia pasti akan sampai pada akhir kehidupannya, kematian akan menyapa semua manusia tanpa terkecuali.Saat seseorang meninggal maka akan diperlukan sepetak lahan untuk mengubur jasadnya. Penguburan merupakan sunnatullah yang sudah berlaku sejak pertama kali adanya mayat di muka bumi ini.
Prosesi pemakaman jenazah dalam tanah sebenarnya merupakan pemuliaan kepada jenazah itu sendiri terutama kaum Muslimin karena kita telah mengembalikannya ke tempat asal penciptaannya, yaitu tanah

Allah SWT dalam Q.S Thaahaa (20) ayat 55 :
Dari bumi (tanah) itulah Kami menjadikan kamu dan kepadanya Kami akan mengembalikan kamu dan daripadanya Kami akan mengeluarkan kamu pada kali yang lain.

Peran tanah yang semakin vital membawa persoalan baru bagi masyarakat dan pihak-pihak terkait yakni ketidakseimbangan antara permintaan dan penawaran tanah memunculkan fenomena penting. Jumlah manusia dan aktivitas beserta berbagai unsur buatannya akan terus bertambah, sedangkan alam tidak berkembang bahkan terus menerus dipaksa, didesak, dan diubah untuk dapat menampung. Perkembangan aktivitas penduduk menyebabkan lahan yang tersedia lebih difokuskan kepada penyediaan lahan untuk permukiman penduduk serta kegiatan perekonomian. 

Kebutuhan tanah bagi kepentingan umum adalah  tanah untuk pemakaman. Pengelolaan tempat pemakaman umum atau TPU merupakan salah satu fasilitas yang harus dimiliki suatu kota. Tempat pemakaman umum merupakan jenis pemanfaatan lahan yang bersifat Locally Unwanted Land Use yaitu lahan yang berfungsi untuk kegiatan yang mutlak diperlukan namun tidak diinginkan keberadaanya. 
Secara spesifik di RW 05 Kampung Pungkuran Kelurahan Kutabanjarnegara Kec/Kab Banjarnegara. Keberadaan Makam Pacean diwilayah ini ada semenjak pendudukan belanda-jepang. Dengan luas sekitar kurang lebih 1.200 meter persegi dengan 253 ahli waris yang terdaftar.
Pengembangan Makam pacean ini dilakukan oleh organisasi nirlaba yang bernama Rukun Kesejahteraan Kampung Pungkuran (RKKP). dengan Ketua Bp. Sudaryono selaku Ketua RW 05 Kelurahan Kutabanjarnegara.
Pada kesempatan rapat pengurus RKKP yang diadakan pada tanggal 28 Januari 2023 pukul 20.00WIB dibahas salah satunya adalah mengenai perkembangan jumlah makam yang makin penuh. Terdapat beberapa solusi diantaranya adalah melakukan relokasi makam lama dengan menumpuk dalam satu liang (sesuai yang dilakukan pemerintah Arab Saudi), sebagai alternatif terakhir. Hal ini tentu menunggu jumhur/fatwa ulama mengenai hal ini. 
Tentunya dalam operasional makam memerlukan dana terkait untuk perawatan, listrik dan kebersihan serta juru kunci. Serta dana untuk merapikan talud agar tidak terjadi longsor. Upaya penggalangan dana dilakukan oleh sie usaha. Pertama adalah iuran warga RW 05 Kel. Kutabanjarnegara. Melalui RT setiap bulan dan secara insidental karena ada dibutuhkan dana untuk pembuatan talud pengaman yang rencananya dibagi dalam III Blok makam.


Rapat Pengurus RKKP 28 Januari 2023




Share:

Nur Muhammad

Kajian Rutin Ahad Pagi, 29 Januari 2023

Kajian rutin Ahad Pagi, 29 Januari 2023 Mushola Al Mu'minun Perumahan Gayam Permai Banjarnegara bertema Sholawat Atas Nabi Muhammad SAW bersama Ustadz Adam Huda Haqiqi,LC.
Dalam ilmu tasawuf, Nur Muhammad mempunyai pembahasan mendalam. Nur Muhammad disebut juga hakikat Muhammad. Sering dihubungkan pula dengan beberapa istilah seperti al-qalam al-a’la (pena tertinggi), al-aql al-awwal (akal utama), amr Allah (urusan Allah), al-ruh, al-malak, al-ruh al-Ilahi, dan al-ruh al-Quddus.
Seluruh makhluk berasal dan melalui dirinya. Itulah sebabnya Nur Muhammad pun disebut al-haq al-makhluq bih atau al-syajarah al-baidha' karena seluruh makhluk memancar darinya. Nur Muhammad tidak persis identik dengan pribadi Nabi Muhammad SAW. Nur Muhammad sesungguhnya bukanlah persona manusia yang lebih dikenal sebagai nabi dan rasul terakhir.
Namun tak bisa dipisahkan dengan Nabi Muhammad sebagai person, karena representasi Nur Muhammad dan atau insan kamil adalah pribadi Muhammad yang penuh pesona. Manusia sesungguhnya adalah representasi insan kamil. Oleh karena itu, dalam artikel terdahulu, manusia dikenal sebagai makhluk mikrokosmos.

" Dan tidak Kami utus seorang Rasul kepadamu kecuali menjadi rahmat seluruh alam semesta ". Inilah dasar mengapa Nabi Muhammad SAW diutus oleh Allah SWT sebagai seorang Rasul di bumi ini. Tujuannya adalah untuk menjadi penerang dan pemberi rahmat serta keselamatan bagi ummat manusia di bumi ini.

إِنَّ اللَّهَ وَمَلَائِكَتَهُ يُصَلُّونَ عَلَى النَّبِيِّ ۚ يَا أَيُّهَا الَّذِينَ آمَنُوا صَلُّوا عَلَيْهِ وَسَلِّمُوا تَسْلِيمًا 
“Innallaha wa malaikatahu yushalluna alannabiyyi yaa ayyuhalladzina aamanu shallu alaihi wa sallimu taslima.”

Sesungguhnya Allah dan para malaikat-Nya bershalawat untuk Nabi. Wahai orang-orang yang beriman, bershalawatlah kamu untuk Nabi dan ucapkanlah salam dengan penuh penghormatan kepadanya.(QS Al Ahzab :56)

Bacaan Sholawat Kepada Nabi Muhammad.
1. Pada Sholat
2. Pada saat tidak Sholat
3. Permulaan dan akhir doa
4. Pada saat sedang Majelis
5. Ziarah ke Makam Nabi Muhammad SAW
6. Setelah Adzan dan iqomah

Bacaan selawat Nabi Muhammad SAW 
yang paling umum adalah sebagai berikut: 

 اَللَّهُمَّ صَلِّ عَلٰى مُحَمَّدٍ وَعَلٰى آلِ مُحَمَّدٍ 
 Allahumma shalli ‘alaa Muhammad wa’alaa aali Muhammad. 

 Artinya: "Ya Allah, berikanlah rahmat-Mu kepada junjungan kami Nabi Muhammad dan keluarga Nabi Muhammad.” 
Terdapat beberapa jenis sholawat yang ditujukan kepada nabi Muhammad SAW, mulai dari sholawat Fatih, Nariyah, Matsurah, Mukafaah, Ibrahimiyah, Nur Al-Anwar, Thibbil Qulub, dan Munjiyat. 

Sholawat merupakan sebuah kata dari bentuk jamak yang berasal dari kata sholat yang miliki arti doa. Hal ini dilandasi ketika kita membaca sholawat kepada Nabi Muhammad SAW, maka berarti kita juga sama saja dengan memohon atau berdoa kepada Allah SWT untuk Nabi Muhammad SAW. 
Tujuan kita membaca sholawat yaitu agar di akhirat nanti kita akan mendapatkan syafaat Nabi Muhammad SAW. Hukum untuk bersholawat telah secara jelas diterangkan dalam Al Quran. Bahkan, sebetulnya tak hanya manusia saja, Allah SWT serta para malaikat juga ikut bersholawat, yang dapat dijelaskan dengan ayat di atas. 

Keutamaan Membaca Sholawat Nabi 
  1. Sesuai dengan firman Allah SWT dalam Quran surat Al Ahzab ayat 56 bahwa sholawat adalah doa yang ditujukan kepada Rasulullah SAW sebagai bukti cinta dan hormat kepadanya. Artinya, seorang muslim menaati perintah Allah SWT. 
  2. Keselarasan Allah SWT dalam bersholawat atas Rasulullah. Meskipun sholawatnya berbeda, sholawat kita atas-Nya bermuatan doa dan permohonan. Sedangkan sholawat Allah SWT atasnya bermuatan pujian dan pengagungan. 
  3. Seorang muslim yang mengamalkan sholawat akan mendapatkan sholawat dari Allah SWT. Hal tersebut sesuai hadist riwayat Muslim, Rasulullah SAW bersabda, "Orang bersholawat kepadaku satu kali, Allah akan bersholawat kepadanya sepuluh kali." 
  4. Keutamaan membaca sholawat nabi yang keempat yaitu, seorang muslim akan diangkat 10 derajat oleh Allah SWT. Sesuai hadist Rasulullah SAW yang berbunyi "Barangsiapa bersholawat satu kali, Allah akan memberi sepuluh rahmat sama dengan sepuluh derajat baginya." 
  5. Bagi seorang muslim yang bersholawat, Allah SWT akan memberikan 10 rahmat apabila bersholawat satu kali. Kemudian, Allah juga akan menghapuskan keburukan sebanyak 10 dari sang pembaca. 
  6. Keutamaan membaca sholawat nabi yang lain yaitu bisa menjadi penghantar agar doa diijabah oleh Allah SWT. Mengawali doa dengan sholawat diharapkan akan diijabah karena sholawat yang akan mengantarkan doanya di sisi Allah SWT. 
  7. Membaca sholawat nabi menjadikan kifarat atau ampunan dosa. Karena dengan bersholawat, sepuluh keburukan akan dihapuskan. 
  8. Seorang muslim yang rajin mengamalkan sholawat nabi bisa mendekatkan umat Islam kepada Rasulullah di hari Kiamat kelak. Ini karena pembaca sholawat kelak akan mendapatkan syafaat dari Rasulullah di akhirat. 
  9. Sholawat nabi yang dibaca dengan ikhlas karena Allah SWT akan menjadikan seorang muslim dipenuhi hajat-hajatnya. Sebab, membaca sholawat dapat mencukupkan apa yang diinginkan manusia.
  10. Dengan bersholawat nabi merupakan bentuk sedekah bagi orang yang tidak mampu bersedekah. 
  11. Keutamaan sholawat yang terakhir yaitu sebagai pengingat apa yang menjadi lupa. Sholawat ibarat salat yang berarti mengingat terus menerus kepada Allah SWT. 
Share:

Undangan Rutin Jamaah Subuh Dilanjutan Kajian Ahad Pagi

 


Kajian Rutin Ahad Pagi Tanggal 29 Januari 2023 bersama Ustadz Adam Huda Haqiqi, LC. Beliau alumni Kairo Universiy. Admin sempat browsing di Instagram Ustadz Muda ini. Eksis bermedia sosial. di @adamhudahqq.
Silahkan kami mengundang Bp/Ibu/Sdr untuk menghadirinya di Masjid Al Mu'minun Perumahan Gayam Permai Banjarnegara.
Share:

Footer Link

Pengumuman

  1. Tamu yang menginap 1x24 jam harus lapor RT.
  2. Dilarang Parkir Mobil di Jalan Perumahan
  3. Segala Jenis Truk dilarang Memasuki Jalan Perumahan

info ronda

Pelaksanaan Ronda lingkungan dimulai pukul 22.00 WIB s.d. Menyesuaikan Kondisi

Recent Posts

POSTINGAN TERBARU

Recent Posts Widget