Puasa Bisa Menjadi Ditoksifikasi Tubuh

Dwi Budi Prasojo,SKM

Ceramah Sholat Tarawih pada Malam ke-5 Ramadhan Kamis, 14 Maret 2024 diisi oleh Bp. Dwi Budi Prasojo,SKM. Sebagai seorang praktisi dibidang Kesehatan. Mengambil tema Puasa dan Ditoksifikasi Tubuh.
Puasa yang dilakukan di bulan Ramadhan bisa dibilang merupakan cara mudah dan aman berdetoks. Saat berpuasa, secara alami usus akan membersihkan diri. Di saat yang sama, organ tubuh lainnya seperti hati dan lambung juga akan beristirahat.Bagi yang ingin memanfaatkan momen puasa sebagai detoksifikasi yang maksimal, perbanyaklah konsumsi buah dan sayuran segar, sebagai menu sahur dan berbuka. Buah dan sayur adalah jenis makanan yang memiliki kandungan air dan serat yang tinggi, sehingga dapat membantu melancarkan pembuangan racun dari usus. Selain itu, buah dan sayur juga mengandung banyak vitamin, mineral, dan antioksidan yang sangat diperlukan organ-organ tubuh. 
Usahakan juga untuk mengonsumsi karbohidrat kompleks, seperti nasi merah, oatmeal, roti gandum, ubi, jagung, atau singkong. Karbohidrat kompleks itu lebih lambat dipecah menjadi gula darah, sehingga dapat membantu menjaga metabolisme energi dalam tubuh.
Sementara saat berbuka, sebaiknya awali dengan makanan yang ringan dan hindari makan yang berat terlebih dahulu, karena tidak sehat. Jus buah tanpa gula dapat menjadi pilihan yang tepat, karena dapat membantu gula darah naik, tanpa merangsang hormon insulin. Dengan pilihan makanan yang tepat saat sahur dan buka, sel-sel tubuh tak akan kekurangan energi selama 14 jam puasa. Metabolisme tubuh pun tak akan terganggu.




Share:

No comments:

Post a Comment

Footer Link

Pengumuman

  1. Tamu yang menginap 1x24 jam harus lapor RT.
  2. Dilarang Parkir Mobil di Jalan Perumahan
  3. Segala Jenis Truk dilarang Memasuki Jalan Perumahan

info ronda

Pelaksanaan Ronda lingkungan dimulai pukul 22.00 WIB s.d. Menyesuaikan Kondisi

Recent Posts

POSTINGAN TERBARU

Recent Posts Widget