Azab Kubur, Kajian Rutin
Kajian Rutin Ahad Pagi Ba'da Sholat Subuh, 29 Oktober 2023 Masjid Al Mu'minun Perumahan Gayam Permai Banjarnegara, bersama Ustad H.Yusman, SHI. Tema yang di samapaikan adlah Azab Kubur bagi orang kafir.
Diriwayatkan dari Hani, hamba sahaya Utsman bin Affan, dia berkata: "Utsman menangis jika berdiri di sisi kuburan, hingga jenggotnya basah. Dikatakan kepadanya, 'Engkau tidak menangis ketika disebutkan surga dan neraka, namun mengapa ketika disebutkan kubur engkau menangis?'
Beliau menjawab, 'Sungguh, aku pernah mendengar Rasulullah Shallallahu alaihi wa sallam bersabda,
القبر أول مناز الاخرة، فإن نجا منه فمابعده أيسرمنه، وإن لم ينج منه فما بعده أشد
"Kuburan adalah tempat pertama dari kehidupan akhirat, jika seseorang selamat darinya maka (kehidupan) setelahnya akan lebih mudah. Namun jika seseorang tidak selamat darinya maka (kehidupan) setelahnya akan lebih sulit".
Utsman bin Affan juga menuturkan, "Aku juga mendengar nabi Shallallahu alaihi wa sallam bersabda,
ما رأيت منظرا قط إلا والقبر أفظع منه
'Aku tidak pernah melihat pemandangan yang lebih menyeramkan daripada kuburan'" Hadits riwayat At-Tirmidzi dan Ibnu Majah.
‘Apa yang dulu Engkau katakan tentang orang ini –yaitu Muhammad shallallahu ‘alaihi wa sallam-?’
Maka mereka berkata, ‘Aku tidak tahu. Aku dulu mengatakan apa yang dikatakan oleh kebanyakan manusia.’
Malaikat berkata, ‘Engkau tidak tahu dan Engkau tidak mengikuti.’ Malaikat kemudian memukulnya dengan palu dari besi, dia pun berteriak sampai-sampai didengar oleh makhluk yang berada di atasnya, selain jin dan manusia” (HR. Bukhari no. 1374).
Hadits ini tegas menunjukkan bahwa orang kafir akan ditanya di kubur mereka. Maka jelaslah bahwa pendapat yang benar adalah bahwa orang kafir akan ditanya di alam kuburnya dan orang kafir justru lebih layak ditanya daripada orang beriman. Jika telah pasti bahwa orang kafir akan ditanya pada hari kiamat, maka tidak ada penghalang bagi mereka untuk juga ditanya di alam kuburnya.
Terus Berbenah: PDAM Banjarnegara
Upaya peningkatan pelayanan kepada pelanggan terus dilakukan oleh Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Kabupaten Banjarnegara. PDAM terus berbenah dalam upaya meningkatkan pelayanan kepada masyarakat, khususnya pelanggan. Direktur PDAM Bahar Ibnu mengatakan, peningkatan pelayanan, kinerja dan evaluasi terus dilakukan guna mengoptimalkan kinerja perusahaan, sehingga tercapai peningkatan kepuasan masyarakat dan hasil yang optimal.
Dari total kapasitas produksi 260 liter perdetik pada saat musim normal, saat kemarau ini hanya mampu berproduksi sekitar 110 liter perdetik saja. Kondisi ini jelas mempengaruhi suplai air kepada pelanggan PDAM. Terkait dengan kobocoran pipa, menurut Ibnu, memang jadi poin penting. PDAM terus berupaya untuk meminimalisir kebocoran pipa atau air baik yang bersifat teknis maupun non teknis. Sejak tahun 1984 memang belum pernah dilakukan refresh sistem perpipaan.
“Untuk hal ini butuh investasi besar sekitar Rp 21 miliar untuk proses revitalisasi pipa. Anggaran tersebut sudah kita usulkan melakui DAK, APBDN mudah-mudahan ada cantolannya,” kata Ibnu.Dengan kondisi tersebut, PDAM Kabupaten Banjarnegara saat ini hanya mengoperasikan sumber air baku dari Sungai Serayu dengan kapasitas 44 liter perdetik, dengan system perpompaan.
Adapun langkah yang sudah ditempuh diantaranya adalah penguatan aliran intake 2 Sigaluh, sebagai penopang utama layanan penyediaan air minum saat ini.
“Kita juga terus melakukan pemantauan terhadap system yang ada, mulai dari intake hingga ke pengolahan. Aktivasi intake 1 dan IPA 1 yang berfungsi sebagai cadangan dan membantu penambahan tekanan air pada jaringan distribusi hingga ke pelanggan,” ungkapnya.
Perihal kebocoran tersebut, memang karena banyak hal. Seperti yang sekarang banyak terjadi karena kondisi jalur pipa yang arus lalu lintasnya tinggi, contohnya di wilayah Kalibenda. PDAM sudah melakukan perbaikan tiga kali dari Singomerto hingga Kalibenda. Ini disebabkan arus kendaraan besar seperti truk-truk pabrik, biasanya mereka parkir dan ambles dan memberikan dampak yang besar bagi perpipaan PDAM.
“Untuk tingkat kebocoran sedang diupayakan sesuai dengan Kepres di angka 25 persen. Memang ini pekerjaan berat mulai dari PDAM kelas A yang pelanggannya di atas 100 ribu, hingga type kecil yang pelanggannya hanya 11 000,” lanjutnya.
Tentang masalah non teknis juga terus diupayakan oleh PDAM. Faktor non teknis antara lain adalah sistem penagihan.
“Jadi kebocoran di sini ada dua. Kebocaran air atau pipa dan kebocoran tagihan pelanggan.
Untuk kebocoran pipa terus diperbaiki, namun kebocoran tagihan tidak akan terjadi lagi. Ini berkat sistem online yang kita sudah optimal dan terintegrasi. Tidak ada kemungkinan kebocoran keuangan,” tandasnya.
Terbaru, lanjut Ibnu, PDAM meenandatangani MoU dengan BRI chanelling, host to host, pembayaran dari rekening.
Sebelumnya PDAM juga sukses bekerja sama untuk kemudahan pembayaran dengan Bank jateng, Kantor Post, Shopie, Toko Pedia, Indomaret dan Alfamaret. Dan awal Desember sudah konek dengan BRI. Jadi masalah pembayaran sangat mudah.
“Yang jelas, pembayaran tagihan PDAM di Banjarnegara kini sangat praktis. Inovasi tersebut muaranya untuk memudahkan pelanggan PDAM dalam melakukan pembayaran tagihan air,” pungkas Ibnu.
Sumber : https://banjarnegarakab.go.id/